Selamat datang di SMP IT Atsaqibiyah On line

Selasa, 21 Februari 2012

Anak Tukang Kayu Kuliah di Fakultas Kedokteran UNS


Sragen – Pekerjaan orang tuanya sebagai seorang tukang kayu, tidak menyurutkan semangat Dewi Nur Fatimah untuk bersekolah. Setelah berhasil mendapatkan beasiswa Bidik Misi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dewi melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah. Mahasiswi semester dua ini bahagia dan terharu karena tidak pernah menyangka bisa kuliah tanpa mengeluarkan uang, bahkan mendapatkan uang setiap bulan.
Keberhasilan Dewi tak lain juga berkat doa sang ibu, seorang ibu rumah tangga, yang menginginkan anaknya bisa kuliah. Walaupun sang ibu sadar, tidak mungkin jika dirinya harus membiayai kuliah Dewi. “Saya sering berpikiran, anak pintar tapi tak bisa sekolah, sedangkan anak yang tidak pintar tapi punya uang, bisa sekolah,” ujar ibu Dewi hampir menangis.
Kedua orang tua Dewi juga tidak mengenyam pendidikan yang cukup dulunya. Ayahnya tamatan SMA swasta, dan ibunya tidak sekolah. Rumah mereka sangat memprihatinkan, hanya bangunan kumuh yang tidak berplafon, dan tidak ada barang berharga apapun di dalamnya. “Dulu saya bilang sama Dewi, kalau dapat Bidik Misi kamu lanjut kuliah, tapi kalau tidak, kamu mengundurkan diri saja,” ujar Ibu Dewi mengenang perjalanan mereka.
Lulusan SMA Negeri 1 Surakarta punya semangat tinggi untuk belajar. Nilainya dari  semester satu tidak ada yang mengecewakan. “Tak ada nilai C, nilainya A sama B saja,” katanya. Indeks prestasinya mencapai  3,1. Orang tuanya pun bangga dengan Dewi. (AR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar